Pj Bupati Tapteng Bertindak Sebagai Khatib di Mesjid Al-Maidar Kelurahan Sibuluan Pandan.

PANDAN - Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng ), Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, bertindak sebagai Khatib dalam ibadah Shalat Jum'at di Masjid Al- Maidar Kelurahan Sibuluan Baru Kecamatan Pandan, Jum'at (17/5/2024).



Pada  Sholat Jum'at ini, Pj Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, dalam Khutbahnya menyampaikan, Ibnu Qayyim Al - Jauziyah di dalam kitab  Al Jawabul kafi tentang bahaya dosa dan maksiat bagi kehidupan, khususnya bagi pelakunya. Ia menjelaskan bahwa seluruh keburukan dunia dan akhirat baik yang umum maupun yang khusus, faktor penyebabnya adalah dosa dan maksiat. Dosa dan kemaksiatan membahayakan bagi hati dan juga tubuh manusia.

Saya mengajak, mari kita renungkan bersama apakah yang menyebabkan Nabi Adam a.s  dan Istrinya Hawa dikeluarkan dari Surga? Alasan apakah yang menyebabkan Iblis menjadi makhluk yang terlaknat oleh Allah SWT ? Karena apakah umat para nabi dan rasul dibinasakan? Semua karena dosa dan maksiat yang mereka kerjakan.

Kita renungkan lagi suatu perumpamaan berikut, jika pada sebuah perahu yang berlayar di tengah lautan, lalu ada seseorang yang melubangi perahu tersebut dengan alasan untuk mengambil air. Maka apa yang akan terjadi jika tidak ada seseorang mencegahnya? Lantas siapa yang yang akan tenggelam? Tentu bukan pelaku saja tetapi seluruh penumpang kapal.

Begitu juga akibat dosa dan maksiat, kadangkala tidak hanya berakibat buruk pada pelakunya tetapi juga pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu maka sangat penting bagi kaum Muslimin memperhatikan masalah dosa dan maksiat itu untuk menjauhinya.

Pada kesempatan khutbah siang hari ini, kami sampaikan beberapa dampak dosa dan maksiat yang kita ketahui. 

Pertama, mendatangkan murka Allah, di dalam surat Al-Furqan ayat 65 Allah berfirman, Dan orang-orang yang berkata ya Tuhan kami jauhkanlah azab Jahannam dari kami karena sesungguhnya azabnya itu kebinasaan yang kekal (Q.s.Al-Furqan:65).

Ayat ini menunjukkan bahwasanya Ibadurrahman hamba-hamba yang dikasihi Allah Ar Rahman sangat takut azab atau siksa Allah. karenanya mereka selalu berdoa agar dijauhkan dari daripadanya, sudah barang tentu mereka selalu berusaha menjauhi segala perbuatan dosa dan maksiat.

Kedua, terhalang dari cahaya dan ilmu karena ilmu adalah cahaya sedangkan maksiat adalah kegelapan yang menghalangi cahaya. Ketiga, dosa akan melahirkan dosa yang lain, melemahkan keinginan untuk bertaubat dan berbuat kebaikan.

Keempat, kesempitan hidup di dunia dan akhirat. Kelima, membutakan mata hati dan menghilangkan rasa jijik terhadap dosa dari hatinya. Keenam, menyebabkan kehampaan atau kekosongan hati, dan yang Ketujuh, merasa bangga pada perbuatan dosa dan kemaksiatannya.

LINK TERKAIT