Pj Bupati Tapteng : Tapteng Membangun Rumah Rakyat, BTN Gelontorkan 540 Juta Untuk RTLH

SORKAM - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menerima Bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni dari PT. Bank Tabungan Negara sebesar 540 juta. Penyerahan Bantuan ini dilaksanakan di Desa Sorkam Kiri Kecamatan Sorkam Rabu (15/5/2024).



Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan, tentunya  masyarakat Kecamatan Sorkam bahagia  mendapatkan bantuan RTLH. Kegiatan kita ini, kita niati sebagai ibadah membantu masyarakat Kabupaten Tapteng yang membutuhkan.

Pada kesempatan ini, kami Pemerintah Kabupaten Tapteng bersama masyarakat sangat bangga  dan berterima kasih atas support Bank Tabungan Negara yang telah memberikan bantuan sebesar 540 juta untuk rehab RTLH masyarakat Tapteng. Ini membuktikan bahwa kita tidak sendiri, ini membuktikan ketika berusaha dan kita tidak berpangku tangan selalu ada uluran tangan dan Tuhan itu Maha Baik, telah mengabulkan doa hambanya melalui bantuan BTN. Untuk itu, kami kembali menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BTN atas bantuan dan kepedulian dalam membantu salah satu program prioritas di Tapteng, yaitu "TAPTENG MEMBARA" (Tapanuli Tengah Membangun Rumah Rakyat) yang memang saya cetuskan.

Ada 4 program sebenarnya yang menjadi program prioritas yang harus digotong royongkan bersama. Kita tidak bisa sendiri mengingat Pemerintah Kabupaten Tapteng dengan keterbatasan anggaran, keterbatasan dana kita, sementara kebutuhan itu nyata dan harus segera dipenuhi. Bagaimana kita menurunkan stunting, menurunkan kemiskinan ekstrim, bagaimana melakukan pembangunan atau rehab Rumah Tidak Layak Huni, dan menuntaskan Program UHC yang merupakan komitmen Pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Tapteng, sebelumnya, kita sudah membangun RTLH di Kecamatan Sorkam, Kecamatan Kolang, Kecamatan Badiri, dan Kecamatan Sukabangun. Dan pada hari ini, kembali menyalurkan bantuan bersumber dari BTN. Alhamdulillah BTN telah memberikan bantuan sebanyak 540 Juta yang akan disalurkan kepada 27 unit RTLH masing-masing akan mendapatkan 20 juta per unit. Selain itu, juga kita upayakan Bantuan Donasi kepada 27 unit rumah masing masing akan mendapatkan 1 juta dari saya pribadi selaku Pj Bupati Tapanuli Tengah, selain itu juga ada  Bantuan Donasi dari PAPDESI Tapteng  sebesar 5 juta kepada masing-masing 27 unit RTLH.

"Dengan demikian, atas bantuan BTN 20 juta per unit, Bantuan Donasi Pj Bupati Tapteng 1 juta per unit, dan Donasi PAPDESI Tapteng 5 juta per unit, maka  ke 27 RTLH tersebut masing-masing  akan mendapatkan bantuan 26 juta per unit."

Sementara itu, Branch Manager BTN Kantor Cabang Pematangsiantar Yudhistiro Eko Sejati menyampaikan, terima kasih kami berkesempatan untuk berpartisipasi dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat di Tapteng. Dengan adanya momentum ini kerjasama yang terjalin Pemerintah Daerah dengan Bank Tabungan Negara ini dapat meningkatkan masyarakat ke level yang lebih tinggi lagi, dan tentunya BTN dapat berpartisipasi dan aktif menjadi salah satu Bank dalam pelaksanaan jasa keuangan yang mendukung Pemerintah dan masyarakat. Kami siap mendukung Pemerintah Kabupaten Tapteng.

Pada Kegiatan  ini, Pj Bupati Tapteng menyerahkan Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni kepada  sebanyak 14 RTLH serta menyerahkan Piagam Penghargaan dan Cinderamata kepada Bank Tabungan Negara Cabang Pematangsiantar yang diterima oleh Branch Manager BTN Kantor Cabang Pematangsiantar Yudhistiro Eko Sejati. Usai kegiatan penyerahan Bantuan RTLH, Pj Bupati Tapteng  bersama rombongan,  meninjau rumah yang akan dibangun dan dilanjutkan meninjau Rumah Tidak Layak Huni yang telah selesai dibangun di Desa Madani Kecamatan Sorkam Barat.

Kegiatan ini turut dihadiri Pimpinan DPRD Tapteng Agus Fitriadi Panggabean, Kadis Perkim Tapteng Winner Napitupulu,  Kabag Kesra Tapteng, Camat Sorkam, Kapolsek Sorkam, Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Tapteng, Kepala Cabang BTN Sibolga, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Sorkam.

LINK TERKAIT